Jumat, 06 Desember 2013

Agenda Sistem Komunikasi Indonesia


1.      Agenda SKI Kita
Ada beberapa hal yang layak dicermati sehubungan dengan semakin diberikannya ruang publik rakyat yang berimbas pada perubahan dalam arus komunikasinya.

1. Sistem Komunikasi Indonesia harus memfungsikan partisipasi rakyat secara lebih besar. Sebab sebuah sistem tanpa dukungan rakyat tidak akan berjalan baik. Tak lain karena rakyat juga salah satu elemen penting bagi kesuksesan sistem komunikasi. Sistem komunikan yang tidak memberikan rakyat untuk memfungsikan dirinya dalam sistem komunikasi sama saja sistem komunikasi itu mengalami set back (langkah mundur).

2. SKI sudah memasuki sistem yang lebih terbuka. Dan kenyataan ini menjadi sesuatu yang baik bagi proses SKI, sebab suatu sistem mempunyai ciri terbuka. Menjadikan SKI tertutup sama saja mengingkari realita sosialnya. Sistem komunikasi Indonesia sudah memasuki era penggunaan media massa yang menuntutnya untuk tak tertutup. Internet salah satu realitas yang tak bisa dipungkiri yang mempengaruhi diberlakukannya sistem komunikasi yang terbuka. 

3. Ruang publik rakyat harus tetap dipertahankan dan diberikan dalam kadar yang lebih “kini dan masa datang”. Mengingat komunikasi ibarat aliran darah yang mengalir pesan ke jantung pemrosesan sistem, dan hasil pemrosesan tersebut dialirkan kembali oleh komunikasi yang selanjutnya menjadi feedback.

4. Sistem Komunikasi menjadi alat pemintal yang menghubungkan antar sistem dalam masyarakat. Ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa kita hidup dengan komunikasi. Ruang publik yang bebas (the free public sphere) menjadi sebuah “lembaga sosial” bagi berjalannya proses pemintalan tersebut. Sistem komunikasi harus mampu mempersatukan perbedaan multikultur masyarakat Indonesia. Ini artinya, sistem komunikasi harus bisa mendukung integrasi masyarakat Indonesia. Meskipun diakui bahwa perbedaan multikultur itu juga berpeluang munculnya disintegrasi. Tetapi tanpa ada usaha kearah itu sistem komunikasi bisa dikatakan telah gagal menjadi “media” perubahan dan perbedaan.

5. Peran media massa menjadi sangat penting ditengah komunitas masyarakat yang kian besar. Media dalam SKI menjadi unsur penghubung antar berbagai komponen masyarakat. Opini publik yang dibentuk media massa berpengaruh langsung terhadap gerak dan rotasi SKI. Dan juga sejalan dengan diberikannya ruang publik yang bebas kepada masyarakat. Media massa harus diberikan ruang bebas yang cukup agar bisa mengalokasikan kepentingan masyarakat dan pemerintah secara baik. Meskipun hal ini seringkali justru bertolak belakang. Alasannya, pemerintah dan masyarakat bahkan pers punya tuntutan yang berbeda satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar